logo mas kharisma official web

Mengenal Probiotik Untuk Budidaya Ikan

mengenal probiotik untuk budidaya ikan
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Mengenal Probiotik Untuk Budidaya Ikan

Presentasi biaya operasional dalam budidaya yaitu 50-70 % yaitu pakan, terutama Pembesaran ikan secara intensif yang mengandalkan pakan buatan dalam proses budidayanya.   Pertumbuhan didefinisikan sebagai perubahan ikan dalam berat, ukuran, maupun volume seiring dengan berubahnya waktu. Pertumbuhan ikan dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal merupakan faktor-faktor yang berhubungan dengan ikan itu sendiri seperti umur, dan sifat genetik ikan yang meliputi keturunan, kemampuan untuk memanfaatkan makanan dan ketahanan terhadap penyakit. Faktor eksternal merupakan  faktor  yang  berkaitan  dengan  lingkungan  tempat  hidup  ikan  yang meliputi sifat fisika dan kimia air, ruang gerak dan ketersediaan makanan dari segi kualitas dan kuantitas.

Pertumbuhan yang relatif lambat antara lain disebabkan oleh kandungan nutrisi yang tidak lengkap dan tidak seimbang, serta kemampuan ikan untuk mencerna suatu jenis pakan. Beberapa upaya yang sudah dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan antara lain dengan penggunaan enzim buatan yang menunjukan  hasil  yang  lebih  baik, selain  enzim  penggunaan probiotik sangat mudah dan mengguntungkan digunakan bagi petani.

logo produk umkm

Probiotik  ini  merupakan  salah  satu  bahan  yang  dapat  dimanfaatkan  sebagai sumber untuk membantu kemampuan ikan mencerna bahan makanan. Dengan menggunakan probiotik sebagai bahan tambahan dalam pakan, mampu mempercepat laju pertumbahan ikan, menambah nafsu makan dan menambah nilai gizi dalam pakan tersebut.

Probiotik, oleh badan Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) serta Badan Kesehatan Dunia (WHO) diartikan sebagai mikroba hidup yang jika dikonsumsi dalam jumlah yang memadai, dapat meningkatkan kesehatan manusia atau hewan yang mengonsumsinya.

Pemberian probiotik pada ikan dapat mengkondisikan jumlah dan ragam mikroba yang menghuni  saluran  pencernaannya.  Keadaan ini mampu menekan  pertumbuhan bakteri  penyakit  yang  merugikan  ikan.  Selain  itu  mengurangi  atau  menyerap senyawa  racun di dalam saluran pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh ikan dan pada akhirnya meningkatkan produktivitas usaha budidaya ikan.

Baca Juga : Hama dan Penyakit Ikan

======================================================

Musa Group Barokah sedia Produk Kopi Bubuk/ Biji Kopi Muria

  • Kopi Bubuk Robusta Blend (Natural, Arabika/Liberika/Coklat)
  • Kopi Bubuk Robusta Wine (Natural, Petik Merah)
  • Biji Kopi Robusta (Natural, Roasted)
  • Biji Kopi Robusta Wine (Natural, Roasted, Petik Merah)

Informasi Order Kopi Bubuk/ Biji Kopi Muria KLIK DISINI.

======================================================

Mikroba  Merugikan

1.Bakteri Perusak Makanan

Beberapa spesies pengurai yang tumbuh di dalam makanan kemudian mengubah  makanan  dan  mengeluarkan hasil metabolisme yang berupa toksin (racun). Contohnya antara lain :

  1. Clostridium botulinum,  menghasilkan  racun  botulinin,  seringkali  terdapat pada makanan kalengan.
  2. Pseudomonas cocovenenans, menghasilkan  asam  bongkrek,  terdapat  pada tempe bongkre
  3. Leuconostoc mesenteroides, penyebab pelendiran makanan.

2. Bakteri Denitrifikasi

Denitrifikasi  yaitu  nitrat  direduksi  menjadi  nitrit  dan  akhirnya  menjadi amoniak yang tidak dapat dimanfaatkan oleh tumbuhan. Jika oksigen dalam tanah kurang maka akan berlangsung denitrifikasi. Contoh bakteri yang menyebabkan denitrifikasi adalah: Micrococcus denitrificans, Pseudomonas denitrificans.

3. Bakteri pathogen

a. Bakteri penyebab penyakit pada manusia contoh anatara lain :

1). Salmonella thyposa: menyebabkan penyakit tifus

2). Shigella dysentriae: menyebabkan penyakit disentri.

3). Virio comma: menyebabkan penyakit kolera.

4). Haemophilus influenza: menyebabkan penyakit influenza.

5).Mycobacterium tuberculosis: menyebabkan penyakit TBC.

6).Clostridium tetani: menyebabkan penyakit tetanus.

7).Neiseria meningitis: menyebabkan radang selaput otak.

8).Mycobacterium leprae: menyebabkan penyakit lepra (kusta).

 

b. Bakteri penyebab penyakit pada hewan dan ikan, contoh antara lain :

1).Streptococcus   agalactia:   menyebabkan   mastitis   pada   sapi   (radang payudara).

2).Bacillus anthracis” menyebabkan antrak.

3).Actinomyces bovis: menyebabkan bengkak rahang sapi.

4).Cytophaga columnaris: menyebabkan penyakit pada ikan.

 

c. Bakteri penyebab penyakit pada tumbuhan, contoh antara lain :

1). Xanthomonas oryzae menyerang pucuk batang padi.

2). Xanthomonas campestris: menyerang tanaman kubis.

3). Pseudomonas solanacaerum: penyakit layu pada terung-terungan.

4). Erwinia amylovora: menyebabkan bonyok pada buah-buahan.

 

Mikroba  Menguntungkan (Probiotik)

Mikroba yang memiliki peran menguntungkan bagi manusia/ternak/ikan adalah mikroba pengurai, nitrifikasi nitrogen dalam usus, dan penghasil antibiotik. Mikroba  pengurai  memiliki kemampuan  merombak  senyawa  organik kompleks menjadi senyawa  yang lebih sederhana yang dapat dimanfaatkan oleh makhluk hidup lainnya. Seperti merombak senyawa amoniak yang bersifat racun menjadi nitrat yang merupakan senyawa bermanfaat bagi kesuburan perairan dan sebagainya.

Para ahli dalam organisasi pangan dan pertanian PBB (FAO) mendefinisikan probiotik sebagai “mikroorganisme hidup yang bila diberikan dalam jumlah memadai akan menyehatkan tuan  rumahnya.Mereka  membantu  pencernaan  makanan,  membatasi  bakteri merugikan dan merangsang kekebalan tubuh. Probiotik berasal dari kata pro berarti mendukung (lawan katanya anti yang berarti melawan) dan biotic berarti organisme hidup. Jadi, probiotik adalah mikroorganisme hidup yang sengaja diberikan dengan harapan memberikan efek   menguntungkan bagi kesehatan inang.

Organ tubuh, terutama usus, merupakan tempat kehidupan bagi jutaan mikroorganisme atau bakteri. Tidak hanya bakteri baik yang dapat bekerja untuk  kesehatan kita,  tapi  bakteri  jahat pun  dapat tumbuh  dengan  subur’ Keseimbangan antara bakteri baik dan jahat itulah yang turut menentukan kesehatan.

Keseimbangan bakteri diusus dapat terganggu dengan pola dan kebiasaan makan yang buruk, stres fisik dan emosional, kurangnya aktivitas fisik, kurangnya istirahat, dan penggunaan antibiotik yang berlebihan serta berkepanjangan.

Probiotik bermanfaat bagi kesehatan melalui salah satu proses berikut :

  1. Persaingan untuk nutrisi. Untuk tumbuh dan ber kembang biak, bakteri usus yang baik menggunakan nutrisi yang sama dengan bakteri patoge Konsumsi dari probiotik membantu membatasi perkembangan bakteri patogen.
  2. Persaingan untuk  perlekatan.  Kemampuan  bakteri  untuk  melekat  di dinding usus merupakan elemen penting dalam perkembangbiakannya. Di sini sekali lagi persaingan terjadi antara bakteri baik dan buruk. Salah satu fungsi Penting bakteri probiotik adalah mencegah atau membatasi pertumbuhan bakteri patogen potensial (e- coli, salmonella, dan Iain-lain) pada dinding usus.
  3. c. Merangsang kekebala Dengan  mengoptimalkan  keseimbangan mikroflora usus, probiotik memelihara dan merangsang imunitas tubuh. Bila dikonsumsi secara teratur, dapat membantu mengurangi risiko berbagai penyakit.
  4. Memperbaiki pencernaan. Probiotik  memproduksi  enzim  seperti polisakarida  karbohidrat  yang  membantu  mengurai  makanan’  Dengan demikian usus kecil lebih mudah menyerap nutrisi yang terurai dari makanan.

Usus besar yang sehat harus mengandung probiotik (bakteri bersahabat) minimal 85% untuk mencegah kolonisasi mikroba buruk seperti E.  coli  dan  salmonella  yang menyebabkan  penyerapan  makanan  menjadi buruk dan masalah kesehatan Iainnya.

Beberapa spesies probiotik dan manfaatnya :

  1. a. Bifidobacterium bifidum adalah organisme probiotik sangat penting yang ditemukan dalam jumlah besar di usus dan mukosa vagina. Bifidobacterium  bifidum  mencegah  perkembangbiakan  E.  coli, salmonella dan clostridium. Bakteri ini juga memproduksi asam laktat dan asam asetat yang menurunkan pH usus dan mencegah pertumbuhan bakteri jahat. Penelitian lain pada Bifidobacterium menunjukkan bahwa organisme ini juga merangsang penyerapan mineral seperti besi, kalsium, magnesium, dan seng.
  2. Bifidobacterium longum merupakan bakteri probiotik dalam usus besar. Penelitian menunjukkan bahwa bakteri ini berkontribusi meningkatkan nilai gizi makanan dengan memproduksi vitamin melalui sintesis enzim pencernaan seperti fosfatase kasein atau lisozim. Bifidobacterium longum juga berpartisipasi dalam Pencernaan usus.
  3. Bifidobacterium breve memungkinkan berfungsinya sistem Pencernaan, membantu menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya dan merangsang sistem kekebalan tubuh.  Bifidobacterium  breve  juga berperan  penting dalam sintesis vitamin D dan K.
  4. Bifidobacterium lactis dikenal menjaga keseimbangan mikroflora usus, mendorong penyerapan nutrisi, merangsang sistem kekebalan tubuh dan mendetoksifikasi usus, darah dan hati.
  5. Lactobacillus acidophilus membantu  pencernaan  laktosa  susu, merangsang respon kekebalan tubuh terhadap mikroorganisme yang tidak diinginkan dan membantu mengendalikan kadar kolesterol dara Banyak publikasi yang menunjukkan bahwa Lactobacillus acidophilus menghasilkan  zat  seperti  lactocidine  atau ocidophiline  yang meningkatkan stamina dan kekebalan.
  6. Lactobocillus  casei   merupakan   bakteri   probiotik   yang   telah   lama digunakan dalam susu fermentasi seperti pada produk Yakult, Jepang. Lactobacillus casei membantu membatasi pertumbuhan bakteri jahat dalam usus.
  7. Lactobacillus plantarum menghasilkan  asam  laktat  di  saluran pencernaa Penelitian menunjukkan bahwa Lactobacillus plantarum membantu mengurangi perut kembung. Spesies probiotik ini juga membantu penyerapan vitamin dan antioksidan serta menghilangkan komponen beracun dari makanan.
  8. Bulgaricus hanyalah satu dari sekian banyak jenis bakteri yang menguntungkan tubuh. Beberapa jenis di antaranya adalah Lactobacillus acidophilus, L. casei’, L. rueteri, Streptococcus lactis, S. citrovorus, Bifobacterium bifidum, Saccharomyces baulardii, dan masih banyak lagi.

logo produk umkm

====================================================

Informasi lainnya silahkan lihat DISINI

Order Jasa Pembuatan Website & Toko Online KLIK DISINI

Order Jasa Pembuatan Website Pernikahan KLIK DISINI

Lihat Jasa Musa Group Barokah Lainnya KLIK DISINI

====================================================

Produk - Produk